Jenis Bata Ekspos Tempel, Terakota, Interlock dan Texture Terbaik

Jenis bata ekspos paling laris di pasaran adalah bata merah tempel, terakota, interlock dan texture (tekstur). Setiap jenis batu bata merah ekspos memiliki kelebihan dan kekurangan. Pastikan anda faham apa itu bata ekspos dan cara aplikasinya (pasang dan perawatan) di rumah dan kantor anda.

Sebelum anda membeli bata ekspos, yuk pelajari dulu apa saja jenis batu bata ekspos berikut ini. Penjelasan ini disampaikan oleh PD. Alam Jaya, produsen dan penjual bata merah Garut untuk ekspos dan plester dinding. Dapatkan contoh gratis bata merah sekarang.

Bata Merah Garut AJ Super

Jenis bata merah buatan Alam Jaya Garut ini berkualitas super dan cocok untuk dibuat ekspos di dinding rumah dan kantor anda. Telah berpengalaman membuat batu bata merah sejak 1996, produsen bata merah ini juga membuat bata plester.

Batu bata merah produksi Alam Jaya telah mendapat sertifikasi dari Balai Besar Keramik (BBK) di Bandung. Oleh karenanya, jenis bata ini sangat rekomended untuk dibeli karena ukurannya standar, yakni panjang 21 cm, lebar 10 cm dan tebal 5,5 cm. Pembuatannya menggunakan bahan baku tanah liat berkualitas. Silakan simak cara pembuatan pada tayangan video berikut ini.

Bata Ekspos Tempel

Bata ekspos tempel adalah jenis batu bata berukuran tipis, sekitar 2 cm, yang cara aplikasinya adalah dengan menempelkan pada dinding temobok yang sudah jadi. Bata tempel bisa menjadi solusi bagi anda yang pengen meng-expose tampilan bata tanpa merusak dinding yg sudah ada.

Kelemahan bata tempel adalah rapuh atau mudah patah. Hal tersebut memang disengaja karena bata tempel lebih difungsikan sebagai dekorasi dinding. Penambahan bata tempel tidak akan menambah kekuatan dinding itu sendiri.

Bata Ekspos Terakota

Jenis Bata Ekspos Tempel, Terakota, Interlock dan Texture Terbaik

Jenis bata ekspos terakota memiliki tampilan permukaan yang lebih halus dibandingkan jenis bata lainnya. Selain halus, ukuran bata terakota lebih presisi sehingga akan lebih rapi ketika diaplikasikan sebagai bata ekspos. Ini adalah keunggulan tersendiri dari bata ekspos jenis terakota.

Anda perlu menyiapkan anggaran biaya ekstra karena harganya relatif lebih mahal dibandingkan jenis bata tempel dan lainnya. Namun, kualitasnya memang sepadan dengan harganya. Bata ekspos terakota terkenal dengan daya tahan yang lama, awet, halus permukaan, dan dan rapi ketika diaplikasikan. Proses finishing-lah yang menjadikan harga batu bata ini lebih mahal.

Jenis bata terakota pun bermacam-macam. Beberapa penjual menyebutnya dengan istilah terakota putih, terakota variatif, terakota natural. Beberapa motif bata yang dijual adalah rustic, bevel, rengginang, homogen, cladding, dll.

Bata Ekspos Interlock

Bata ekspos interlock adalah jenis batu bata yang dirancang untuk saling mengunci (interlocking) antar bata sehingga tidak diperlukan semen atau perekat lainnya. Bata merah interlock disukai karena kelebihannya dalam hal pemasangan. Tentunya rumah bata ekspos dengan jenis interlock akan cepat proses pembangunannya.

Jika anda pernah melihat atau memainkan lego, maka pada bata interlock akan ada bagian nok (kunci) dan frame (gembok). Ketika disambungkan, bata interlock akan saling mengunci secara kuat. Di pasaran, harga bata interlock relatif lebih mahal karena proses pembuatannya yang lebih rumit.

Tukang bangunan akan lebih cepat saat membuat dinding rumah/bangunan dengan bata interlock dibandingkan dengan bata biasa yang memerlukan adukan semen dan pasir untuk perekat.

Kecepatan pemasangan bata akan menurunkan biaya tukang pada saat membuat dinding. Dengan menggunakan bata ekspose interlock, maka acian dinding juga tidak diperlukan.

Bata Expose Texture

Tekstur bata ekspos akan memunculkan kesan ruangan secara keseluruhan. Bata dengan tekstur kasar akan terkesan lebih klasik dan industrial. Kesan ini diilhami dari bangunan pada masa pertumbuhan industri (revolusi industri) yang didominasi komponen logam dan tanah liat.

Untuk memunculkan kesan modern, anda bisa menggunakan bata ekspos dengan tekstur permukaan lebih halus. Contohnya saja batu bata merah Alam Jaya super atau bata ekpos terakota.

Jenis Warna Bata Ekspos

Batu bata ekspos yang paling jamak dijumpai biasanya berwarna merah, putih dan hitam. Warna tersebut memang cenderung warna klasik.

Jika anda bosan atau kurang suka dengan warna bata ekspos kebanyakan, maka anda bisa melapisinya dengan cat warna. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengaplikasikan warna cat seperti kebersihan bata, retakan dan pori-pori bata ekspos.

Merah bata

Warna merah bata dihasilkan secara alami jika batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar. Derajat warna kemerahan bergantung pada jenis tanah liat, jenis kayu bakar, temperatur pembakaran dan lama pembakaran. Umumnya, semakin lama pembakaran dan semakin tinggi suhu pembakaran maka warnanya akan semakin merah.

Putih

Warna putih bata ekspos dapat anda jumpai pada kafe kekinian seperti Warunk Urban. Ada 2 metode pewarnaan bata ekspos, yakni dengan pengecatan dan aplikasi semen putih. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan.

Hitam

Jika anda menyukai warna simpel dan klasik, maka warna hitam adalah pilihan tepat. Warna ini sebagai indikasi bangunan tempoe doeloe yang berjelaga (karena menggunakan kayu bakar) karena adanya tungku di dalam rumah. Anda bisa padu padankan dengan interior lainnya supaya terlihat makin keren

Buat anda yang pengen beli bata ekspos kualitas super (terbaik), maka silakan hubungi kami segera. Dapatkan informasi produk dan harga terbaru 2019. Persediaan terbatas. Call 08112376789 untuk beli bata ekspos ukuran standar SNI.

Tags: harga bata merah pres tebal 2cm, bata merah besar tanpa plester acian, tekstur interlocking, jenis tera kota, harga batu bata lego/interlocking, bahan membuat bata terakota putih, gmbar rmh kayu d padu dngn bata, dinding luar kantor bata press, cat yang pas untuk batu bata expose, warna cat yg cocok untuk dinding bata merah

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Order Bata? WA 08112376789