Jenis Batu Bata Buat Rumah: Kelebihan & Kekurangan Bata

Siapa yang tidak mengenal batu bata ? Bahan bangunan ini sangat familiar di kalangan pecinta home decor dan desain interior. Batu bata merupakan bahan yang umum digunakan untuk membangun dinding, pagar, dan bagian rumah lain selain menggunakan kayu.

Batu bata pertama kali muncul sekitar 5000 SM. Sampai saat ini batu bata dikenal sebagai bahan bangunan yang kuat dan mampu bertahan lama.

Tahukah anda ? Batu bata tidak hanya terbuat dari tanah liat saja. Seiring perkembangan teknologi kini, banyak batu bata yang terbuat dari bahan lainnya. Dibandingkan dengan bahan lainnya batu bata merupakan bahan bangunan yang terbukti awet dan harganya murah. Hal ini menyebabkan banyak yang memilih batu bata sebagai bahan untuk membangun rumah dibandingkan bahan seperti gypsum dan bambu.

Sebelum kamu memilih batu bata yang tepat untuk membangun rumah, kenali dulu beberapa jenis batu bata beserta harganya di bawah ini.

Batu Bata Merah

Jenis Batu Bata Merah untuk Dinding Rumah

sumber : atcshuttle.com

Batu bata merah merupakan jenis batu bata yang umum digunakan masyarakat Indonesia. Batu bata merah terbuat dari tanah liat yang dibakar dengan suhu tinggi sampai menjadikan warna bata kemerah-merahan. Batu bata merah memiliki daya tahan tinggi sehingga banyak dipilih sebagai material untuk membangun dinding rumah. 

Hanya saja, batu bata merah ini memiliki kelemahan dalam pemakaiannya memerlukan bahan perekat dengan jumlah banyak. Tanpa bahan perekat yang cukup, batu bata ini tidak bisa menempel sempurna secara rapi. Jadi, dipastikan anda butuh biaya tambahan untuk bahan perekat ini. Harga batu bata merah di Indonesia beragam mulai dari 600 rupiah hingga 800 rupiah. Selain itu ada kelebihan dan kekurangan dari batu bata merah yang kami paparkan di bawah ini. 

Kelebihan batu bata merah

  • Punya kekuatan yang bagus dari batu batako
  • Lebih mudah memasangnya, tidak perlu keahlian khusus
  • Pada bangunan yang kecil, cocok menggunakan material ini
  • Lebih nyaman dalam penggunaannya karena bisa menyesuaikan dengan suhu di luar ruangan
  • Batu bata yang awet dan tahan terhadap api

Kekurangan batu bata merah

  • Bentuknya yang tidak sama menyulitkan penggunaan untuk menciptakan dinding yang rapi
  • Butuh perekat yang lebih banyak
  • Jika musim kemarau panasnya mudah terserap ke dalam ruangan
  • Memiliki bobot yang berat dibanding bata ringan
  • Membutuhkan waktu pengeringan yang lebih lama

Batu Bata Ekspos

Jenis Batu Bata Ekspos buat rumah

sumber : arsitag.com

Bata ekspos merupakan bata yang digunakan untuk membuat dinding ekspos. Menurut laman www.dwell.com bata ekspos memberikan kesan gaya interior yang hangat, rustic dan industrial. Bata ekspos memberikan tekstur dan aksen pada dinding. Permukaannya rapi, halus serta padat dan tidak mudah hancur ketika diangkut. Harga bata ekspos yakni 2.300 rupiah per biji.

Namun, bagi anda yang berminat menjadikan bata ekspos sebagai dinding rumah perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangannya berikut ini. 

Kelebihan bata ekspos

  • Memiliki dinding bata ekspos akan menghemat dana pengeluaran renovasi. Anda hanya perlu melapisi dinding dengan coating untuk mencegah tumbuhnya jamur.
  • Dinding ekspos akan memberikan kesan rustic dan bergaya industrial. Bisa juga diterapkan untuk hunian klasik dan shabby chic.
  • Memberikan nuansa hangat dan natural pada ruangan.

Kekurangan bata ekspos

  • Mudah timbulnya keretakan dan beresiko menimbulkan gangguan pernapasan akibat debu yang ditimbulkan.
  • Proses pemasangan yang sulit karena membutuhkan keahlian tertentu untuk menghasilkan tampilan dinding yang presisi.
  • Karena tidak dilapisi semen, dinding bata ekspos mudah lembab dan ditumbuhi jamur. Hal tersebut bisa dicegah dengan lapisan coating.

Batu Bata Batako

batako

sumber : desaignboom.com

Batako berasal dari kata “bata concrete” yang artinya bata semen atau biasa disebut dengan batako. Batako terbuat dari campuran semen dan pasir kasar yang dicetak alhasil batako lebih ringan dari bata merah. Batako memiliki ukuran yang relatif lebih besar dari bata merah, 1 m2 hanya membutuhkan 18 biji batako. Sifat batako ini kedap air sehingga cocok untuk melindungi rumah yang dikelilingi banyak air. 

Kekurangan dari batako adalah mudah menyerap panas jadi, ruangan akan terasa panas jika cuaca sedang terik. Material batako banyak digunakan untuk pengerjaan yang terbilang cepat seperti gudang, pagar dan pos jaga. Harga batako terbilang cukup murah 2.250 rupiah per biji.

Bata Ringan

bata ringan

sumber : www.aca.co.id

Bata ringan merupakan bata hasil campur tangan teknologi, terbuat dari “foam concrete“. Bata ini memiliki bobot yang sangat ringan cukup menggunakan gergaji kayu untuk memotongnya.

Hampir tidak ada kerusakan, bata ini cocok digunakan di area perkotaan. Untuk merekatkannya menggunakan semen instan khusus, cukup dioleskan ke permukaan bata. Setiap 1 m2 dinding membutuhkan 9 biji bata ringan. Kelebihan bata ini adalah kedap suara sehingga cocok untuk ruang akustik dan studio musik. Bata ringan dijual dengan harga 6.850 rupiah per bijinya.

Bata Hebel

bata hebel

sumber : pinterest.com

Bata hebel merupakan salah satu jenis batu bata yang mulai digunakan karena pertumbuhan teknologi. 

Bata ini terbuat dari campuran pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, air dan alumunium pasta sebagai bahan pengembangnya.

Batu bata hebel sangat mudah dipasang karena proses pencetakan dilakukan di pabrik jadi bentuknya lebih presisi dan rapi. Kelebihan bata ini sangat baik dalam menyerap panas. Hal ini tentu membuat rumah terasa sejuk dan tidak pengap. Harga bata hebel yakni 10.000 rupiah per biji. 

Batu Bata Tempel

bata tempel

sumber : sites.google.com

Batu bata tempel adalah jenis batu bata finishing dengan ragam model dan tekstur. Cara penggunaan bata ini dengan cara menempelkannya pada dinding yang sudah jadi. Bata tempel memiliki ketebalan sekitar 2 sentimeter, sehingga tidak membuat dinding tebal karena dilapisi bata tempel. 

Bata ini berbentuk pipih tampilannya memberikan kesan unik, klasik, natural dan sangat eksotis. Bata tempel umumnya digunakan pada dinding luar maupun dalam termasuk tiang-tiang bangunan. Anda bisa membeli bata tempel dalam satuan per buah atau per meter persegi. Harganya mulai dari 100.000 – 500.000 rupiah per meter persegi.

Batu Bata Interlock

jenis batu bata interlock

sumber : rumahpanelsurabaya.blogspot.com

Bata interlock adalah bata yang mirip dengan mainan lego sehingga disebut sebagai bata lego. Bata interlock merupakan sebuah konsep inovasi bata yang pemasangannya hampir tidak menggunakan perekat sama sekali. Bata lego mempunyai kemampuan interlocking karena adanya elemen bibir pada bata. 

Bata interlock dapat dipasangkan secara permanen dan langsung mengunci sempurna secara simetris. Bentuknya yang berlubang dapat diisi sebuah penyangga besi dan untuk menambah kekuatan sebagai jalur instalasi air dan listrik. Bata ini dapat dipasang dengan cepat dan akurat karena bentuknya yang berlubang menghemat penggunaan material perekat. Jadi, anda tidak perlu semen khusus untuk merekatkannya. Harga bata interlock berada di kisaran 3.500 hingga 4.000 per buah.

Batu Bata Berlubang

bata bolong

sumber : wikipedia.org

Batu bata berlubang memiliki lubang di bagian tengahnya. Ada berbagai bentuk bata berlubang, diantaranya berbentuk balok, melingkar dan melintang. Batu bata ini memiliki bobot yang ringan cocok untuk digunakan pada bangunan bertingkat. Sebelum memasangnya anda perlu menambahkan campuran tanah liat. Jika  menggunakan bata ini jarak antara sisi batu bata dengan tepi lubangnya tidak boleh kurang dari 10 mm. Anda bisa membeli batu bata berlubang dengan harga 570 rupiah per buah. 

Batu Bata Kapur Putih

batu kapur

sumber : listhargamaterial.com

Bata kapur putih adalah batu bata yang ditambang langsung dari gunung kapur alam. Bata putih diproses tanpa melalui pembakaran ataupun press. Setelah penambangan batu putih langsung dipotong kecil-kecil berbentuk balok. Kelebihan batu kapur putih yakni kuat dan tahan asam karena merupakan batu kapur asli dari alam. Batu kapur putih lebih unggul dari segi kekuatan dan ketahanan dibandingkan bata merah biasa dan batako. Umumnya batu kapur putih biasa digunakan pada dinding rumah, pabrik bahkan konstruksi bangunan berat. Harga batu kapur putih ini 700.000 ribu rupiah per 1000 buah. 

Batu Bata Terakota

bata terakota

sumber : interiordesaign.id

Batu bata terakota adalah batu bata yang memiliki permukaan yang halus dibandingkan bata biasa. Bentuk bata ini lebih presisi dan rapi sehingga tampak indah saat digunakan. Menampilkan gaya interior mewah namun minimalis.

Jenis batu bata ini dijual dengan harga cukup mahal dibanding batu bata biasa. Tetapi hal ini sebanding dengan hasil yang didapat ketika anda mengaplikasikan bata ini pada rumah anda. Jenis bata terakota memiliki ketahanan yang awet, bentuk yang halus dan rapi karena melalui proses finishing. Anda bisa mendapatkan batu bata terakota ini dengan harga 5.500 rupiah per buah.

Batu Bata Roster 

bata roaster

sumber : rumah.com

Batu bata roster dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah ventilation block. Bata roster merupakan bata yang memiliki bentuk lubang-lubang kecil di tengahnya sehingga memungkinkan ventilasi yang maksimal. Udara dan cahaya matahari dapat masuk melalui lubang bata roster. 

Jenis batu Bata ini cocok digunakan di negara beriklim panas dan lembab. 

Beragam bentuk bata ini, membuatnya sebagai aksen dinding yang mempercantik tampilan sebuah ruangan serta sebagai dinding partisi. Harga bata roster memang relatif mahal yakni 12.000 – 15.000 per buah.

Batu Bata Purpose-made

bata multi purpose

sumber : wienerberger.co.uk

Batu bata purpose made atau batu bata custom merupakan jenis batu bata yang dibuat untuk pemakaian khusus. Biasa digunakan pada area pintu dan jendela. Batu bata ini terbuat dari campuran pasir dan tanah liat. Namun, ada juga yang mencampurkan bahan kimia untuk tujuan tertentu misalnya pada pembangunan gedung besar. Batu bata ini merupakan jenis batu bata yang cukup kuat dan tahan terhadap goncangan. Harga batu bata ini jauh lebih mahal dari batu bata terakota karena sulit didapat.

Kesimpulan

Penggunaan batu bata di Indonesia masih lazim digunakan pada pembangunan. Namun, seiring perkembangan teknologi banyak jenis batu bata baru bermunculan. Amati beberapa jenis batu bata yang ingin anda gunakan sebelum anda memilih batu bata. Hal itu disebabkan karena masing-masing batu bata memiliki kualitas, harga, ketahanan, dan kekurangannya masing-masing. 

Referensi :

  • https://www.aca.co.id/Info-Asuransi-Detail/Mengenal-jenis-Serta-Fungsi-Batu-Bata-untuk-Dinding-Rumah
  • https://www.dekoruma.com/artikel/61326/jenis-batu-bata-paling-umum
  • https://hakimhomint.wordpress.com/2017/02/20/jenis-batu-bata/

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *